RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : MI Khalifah Utsman
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan
Islam
Kelas/semester : VI/1
Waktu :
1 x 25 menit
A. Standar
Kompetensi :
3. Mengenal sejarah
khalifah Utsman bin Affan
B. Kompetensi
Dasar :
3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan
dan perjuangannya dalam dakwah Islam.
C. Indikator :
3.1.1 Menyebutkan silsilah garis
keturunan Khalifah Utsman bin Affan
3.1.2 Mencontohkan kepribadian
Ustman bin Affan
3.1.3 Menjelaskan perjuangan Utsman
bin Affan dalam dakwah islam
D. Tujuan
pembelajaran :
1.
Siswa dapat menyebutkan
silsilah garis keturunan Khalifah Utsman bin Affan
2.
Siswa dapat
mencontohkan kepribadian Ustman bin Affan
3.
Siswa dapat menjelaskan
perjuangan Utsman bin Affan dalam dakwah islam
E. Materi
Pokok :
Khalifah Utsman bin Affan
F. Model
dan metode Pembelajaran :
Model : Cooperative
Learning
Metode : ceramah,
diskusi.
Strategi : active
group learning with quiz
G. Langkah-langkah
Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deksripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Awal
|
1.
Pendahuluan
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Siswa memimpin berdoa sebelum memulai pelajaran
c.
Guru menyapa siswa dan mengabsen siswa
d.
Guru memberikan apersepsi kepada siswa untuk mengenalkan materi yang
akan diajarkan apersepsi berupa pertanyaan : anak-anak siapa yang tahu
pengganti nabi muhammad disebut apa ? kemudian bertanya lagi siapakah
nama-nama khalifah tersebut ?
e.
Menuliskan judul materi pelajaran yang akan diajarkan
f.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini
|
5 Menit
|
Inti
|
Elaborasi
a.
Siswa mengikuti permainan yang diberikan guru yaitu siswa guru
mengucapkan salah satu nama khulafaur rasyidin kemudian siswa mengucapkan
berdasarkan urutan masa pemerintahan khalifah kemudian bersamaan dengan
mengucapkan siswa juga menunjukkan dengan jari urutan khalifah tersebut
tetapi disini dimulai dari angka 4,3,2,1 untuk melatih konsentrasi.
b.
Guru mereview ulang materi yang diajarkan pada minggu lalu dengan
memberi pertanyaan untuk mengaitkan materi yang akan diajarkan
Eksplorasi
c.
Guru memutarkan video tentang khlaifah utsman kemudian meminta siswa
untuk menuliskan cerita dari video tersebut secara singkat
d.
Setelah semua selesai guru meminta salah satu siswa untuk membacakan
hasil kerjanya di depan kelas
e.
Guru membagi menjadi 4 kelompok untuk bermain kuis. Kelompok 1
diberi nama Abu Bakar, kelompok 2 diberi nama Umar bin Khattab, kelompok 3
diberi nama Utsman bin Affan, kelompok 4 diberi nama Ali bin Abi Thalib..
f.
Guru memberi pertanyaan kepada 4 kelompok tersebut, siapa yang
menjawab terlebih dahulu dan jawabannya benar, kelompok tersebut akan
mendapatkan reward (poin senyum).
Konfirmasi
g.
Guru memeriksa jawaban kelompok apabila kelompok tersebut salah,
guru akan melemparkan pertanyaan ke kelompok lain.
h.
Guru menentukan pemenang dari banyaknya poin senyum yang siswa
kumpulkan
|
15 Menit
|
Penutup
|
1. Guru bersama-sama
siswa menyimpulkan materi yang telah dilsampaikan
2. Guru memberikan
tugas lanjutan berupa PR untuk mengerjakan soal Lembar kerja Siswa materi “Khalifah
Utsman bin Affan”.
3. Salah satu siswa
memimpin doa bersama untuk mengakhiri proses pembelajaran.
|
5 Menit
|
H. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat :
· video
khalifah utsman untuk melihat video https://www.youtube.com/watch?v=70larMzdApY
· papan
reward
2.
Sumber Belajar :
· Buku
Paket Sejarah Kebudayaan Islam
I. Evaluasi Pembelajaran :
1.
Penilaian
No
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen penilaian
|
1.
|
Menyebutkan
silsilah garis keturunan Khalifah Utsman bin Affan
|
Tes
|
Tes tulis melengkapi kolom
|
Butir soal pada kolom
|
2.
|
Mencontohkan kepribadian Ustman bin
Affan
|
Tes
|
Tes tulis pilihan ganda
|
Butir soal pilihan ganda
|
3.
|
Menjelaskan
perjuangan Utsman bin Affan dalam dakwah islam
|
Tes
|
Tes Tulis uraian
|
Butir soal uraian
(terlampir)
|
a.
Penilaian
tes
1.
Rubrik
penilaian kognitif
Kisi-kisi
butir soal
No
|
Indikator Pencapaian kompetensi
|
Teknik Bentuk penilaian
|
Indikator Butir Soal
|
Instrument Penilaian
|
1.
|
Menyebutkan
silsilah garis keturunan Khalifah Utsman bin Affan
|
Tes tulis
melengkapi kolom
|
Mengisi kolom-kolom silsilah
sesuai dengan urutan silsilah yang benar.
|
1-5
|
2.
|
Mencontohkan
kepribadian Ustman bin Affan
|
Tes Tulis pilihan ganda
|
Butiran soal terlampir
|
1- 10
|
3.
|
Menjelaskan
perjuangan Utsman bin Affan dalam dakwah islam
|
Tes Tulis uraian
|
Butir soal terlampir
|
1-5
|
Penskoran
Bentuk soal
|
Nomor butir Soal
|
Bobot butir soal
|
Melengkapi kolom
|
1
|
20
|
Pilihan ganda
|
1-10
|
50
|
Uraian
|
1-5
|
30
|
Nilai
|
Skor
Maksimal
|
Jumlah
Skor
2.
Penlaian Proyek
( mencakup penilaian, keterampilan,
sikap)
Rubrik penilaian
dalam bekerja kelompok
No.
|
Nama Siswa
|
Skor dan Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Partisipasi
|
|||
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian
Aspek Yang Dinilai
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
Skor 4
|
Kerjasama
|
BT
|
MT
|
MB
|
BS
|
Keaktifan
|
BT
|
MT
|
MB
|
BS
|
Partisipasi
|
BT
|
MT
|
MB
|
BS
|
Keterangan
:
1.
BT : Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum melihatkan tanda-tanda dalam berkelompok)
2.
MT: Mulai
Terlihat (apabila peserta didik mulai melihatkan tanta-tanda kerja sama,
keaktifan dan partisipasinya dalam berkelompok)
3.
MB: mulai
Membaik (apabila peserta didikmulai menunjukkan tanda-tanda yang membaik dalam
kejasama, keaktifan, dan partisipasidalam berkelompok)
4.
BS: Baik Sekali
(apabila peserta didik sudah sangat baik dalam kerjasama, keaktifan, dan
partisipasi dalam kelompok)
CATATAN :
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Kamis, 7 Mei 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
Ahmad
Thabroni Kholifatus Zuhriyah
NIP :512718539163 NIP
:537238136863
Lembar Kerja Siswa
1.
Isilah kolom-kolom sesuai dengan urutan
silsilah Utsman bin Affan dengan benar
2.
Berilah tanda (x) pada jawaban pilihan ganda
yang tepat
1.
Dimana Utsman bin Affan dilahirkan ?
a.
Syiria
b.
Turki
c.
Thaif
d.
Madinah
2.
Pada usia berapakah Utsman dibaiat oleh kaum
muslimin ?
a.
70
b.
12
c.
37
d.
10
3.
Utsman menjabat khalifah selama berapa lama
(tahun) ?
a.
15
b.
10
c.
12
d.
6
4.
Salah satu khulafaur rasyidin yang pernah
diambil menantu dua kali oleh Rasulullah SAW adalah
a.
Abu Bakar as-Sidhiq
b.
Ali bin Abi Thalib
c.
Umar bin Khattab
d.
Utsman bin Affan
5.
Bangunan bersejarah yang direnovasi oleh
khalifah Utsman adalah...
a.
Masjid Nabawi
b.
Ka’bah
c.
Masjid Quba
d.
Masjidil Aqsa
6.
Utsman dikalangan sahabat dan masyarakat di
sekitarnya dikenal sebagai orang yang...
a.
Dermawan
b.
Angkuh
c.
Riya
d.
Murah senyum
7.
Julukan untuk Khalifah Utsman bin Affan..
a.
Dzulqarnain
b.
Nur Jannah
c.
Amanah
d.
Zun Nur’ain
8.
Alasan Utsman bin Affan untuk membukukan
Al-quran adalah..
a.
Perbedaan dialek dalam melafalkan al-quran
b.
Perbedaan suku dan ras kaum arab
c.
Ingin menguasai al-quran lebih dalam
d.
Memudahkan suku arab untuk membaca al-quran
9.
Sikap yang menjadi ciri khas Utsman bin Affan
diantara sahabat Rasulullah yang lain adalah...
a.
Dermawan dan pemalu
b.
Pemalu dan Tegas
c.
Kaya raya dan pelit
d.
Sopan dan sederhana
10. Peristiwa
pembunuhan Utsman terjadi pada tanggal...
a.
12 Dzulhijah 35 H
b.
25 Sya’ban 36 H
c.
17 Ramadhan 89 H
d.
12 Dzulqo’dah 35 H
3.
Jawablah soal uraian berikut dengan benar
1.
Sumbangan berharga apakah yang diberikan
Khalifah Usman bin Affan dalam perang Tabuk ?
2.
Sebelum masuk Islam, Usman adalah seorang ?
3.
Seban langkah-langkah kebijaksanaan yang
diambil Khalifah Usman bin Affan untuk kemajuan kaum muslimin pada masa
pemerintahan !
4.
Apakah faktor yang menyebabkan terbunuhnya
Khalifah Usman bin Affan?
5.
Bagaimana proses kodifikasi Al-quran pada masa
Khalifah Utsman bin Affan ?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : MI Khalifah Utsman
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan
Islam
Kelas/semester : VI/1
Waktu :
1 x 25 menit
A. Standar
Kompetensi :
3. Mengenal sejarah
khalifah Utsman bin Affan
B. Kompetensi
Dasar :
3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan
dan perjuangannya dalam dakwah Islam.
C. Indikator :
3.1.1 Menyebutkan silsilah garis
keturunan Khalifah Utsman bin Affan
3.1.2 Mencontohkan kepribadian
Ustman bin Affan
3.1.3 Menjelaskan perjuangan Utsman
bin Affan dalam dakwah islam
D. Tujuan
pembelajaran :
1.
Siswa dapat menyebutkan
silsilah garis keturunan Khalifah Utsman bin Affan
2.
Siswa dapat
mencontohkan kepribadian Ustman bin Affan
3.
Siswa dapat menjelaskan
perjuangan Utsman bin Affan dalam dakwah islam
E. Materi
Pokok :
Khalifah Utsman bin Affan
F. Model
dan metode Pembelajaran :
Model : Cooperative
Learning
Metode : ceramah,
diskusi.
Strategi : active
group learning with quiz
G. Langkah-langkah
Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deksripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Awal
|
1.
Pendahuluan
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Siswa memimpin berdoa sebelum memulai pelajaran
c.
Guru menyapa siswa dan mengabsen siswa
d.
Guru memberikan apersepsi kepada siswa untuk mengenalkan materi yang
akan diajarkan apersepsi berupa pertanyaan : anak-anak siapa yang tahu
pengganti nabi muhammad disebut apa ? kemudian bertanya lagi siapakah
nama-nama khalifah tersebut ?
e.
Menuliskan judul materi pelajaran yang akan diajarkan
f.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini
|
5 Menit
|
Inti
|
Elaborasi
a.
Siswa mengikuti permainan yang diberikan guru yaitu siswa guru
mengucapkan salah satu nama khulafaur rasyidin kemudian siswa mengucapkan
berdasarkan urutan masa pemerintahan khalifah kemudian bersamaan dengan
mengucapkan siswa juga menunjukkan dengan jari urutan khalifah tersebut
tetapi disini dimulai dari angka 4,3,2,1 untuk melatih konsentrasi.
b.
Guru mereview ulang materi yang diajarkan pada minggu lalu dengan
memberi pertanyaan untuk mengaitkan materi yang akan diajarkan
Eksplorasi
c.
Guru memutarkan video tentang khlaifah utsman kemudian meminta siswa
untuk menuliskan cerita dari video tersebut secara singkat
d.
Setelah semua selesai guru meminta salah satu siswa untuk membacakan
hasil kerjanya di depan kelas
e.
Guru membagi menjadi 4 kelompok untuk bermain kuis. Kelompok 1
diberi nama Abu Bakar, kelompok 2 diberi nama Umar bin Khattab, kelompok 3
diberi nama Utsman bin Affan, kelompok 4 diberi nama Ali bin Abi Thalib..
f.
Guru memberi pertanyaan kepada 4 kelompok tersebut, siapa yang
menjawab terlebih dahulu dan jawabannya benar, kelompok tersebut akan
mendapatkan reward (poin senyum).
Konfirmasi
g.
Guru memeriksa jawaban kelompok apabila kelompok tersebut salah,
guru akan melemparkan pertanyaan ke kelompok lain.
h.
Guru menentukan pemenang dari banyaknya poin senyum yang siswa
kumpulkan
|
15 Menit
|
Penutup
|
1. Guru bersama-sama
siswa menyimpulkan materi yang telah dilsampaikan
2. Guru memberikan
tugas lanjutan berupa PR untuk mengerjakan soal Lembar kerja Siswa materi “Khalifah
Utsman bin Affan”.
3. Salah satu siswa
memimpin doa bersama untuk mengakhiri proses pembelajaran.
|
5 Menit
|
H. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat :
· video
khalifah utsman
· papan
reward
2.
Sumber Belajar :
· Buku
Paket Sejarah Kebudayaan Islam
I. Evaluasi Pembelajaran :
1.
Penilaian
No
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen penilaian
|
1.
|
Menyebutkan
silsilah garis keturunan Khalifah Utsman bin Affan
|
Tes
|
Tes tulis melengkapi kolom
|
Butir soal pada kolom
|
2.
|
Mencontohkan kepribadian Ustman bin
Affan
|
Tes
|
Tes tulis pilihan ganda
|
Butir soal pilihan ganda
|
3.
|
Menjelaskan
perjuangan Utsman bin Affan dalam dakwah islam
|
Tes
|
Tes Tulis uraian
|
Butir soal uraian
(terlampir)
|
a.
Penilaian
tes
1.
Rubrik
penilaian kognitif
Kisi-kisi
butir soal
No
|
Indikator Pencapaian kompetensi
|
Teknik Bentuk penilaian
|
Indikator Butir Soal
|
Instrument Penilaian
|
1.
|
Menyebutkan
silsilah garis keturunan Khalifah Utsman bin Affan
|
Tes tulis
melengkapi kolom
|
Mengisi kolom-kolom silsilah
sesuai dengan urutan silsilah yang benar.
|
1-5
|
2.
|
Mencontohkan
kepribadian Ustman bin Affan
|
Tes Tulis pilihan ganda
|
Butiran soal terlampir
|
1- 10
|
3.
|
Menjelaskan
perjuangan Utsman bin Affan dalam dakwah islam
|
Tes Tulis uraian
|
Butir soal terlampir
|
1-5
|
Penskoran
Bentuk soal
|
Nomor butir Soal
|
Bobot butir soal
|
Melengkapi kolom
|
1
|
20
|
Pilihan ganda
|
1-10
|
50
|
Uraian
|
1-5
|
30
|
Nilai
|
Skor
Maksimal
|
Jumlah
Skor
2.
Penlaian Proyek
( mencakup penilaian, keterampilan,
sikap)
Rubrik penilaian
dalam bekerja kelompok
No.
|
Nama Siswa
|
Skor dan Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Partisipasi
|
|||
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian
Aspek Yang Dinilai
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
Skor 4
|
Kerjasama
|
BT
|
MT
|
MB
|
BS
|
Keaktifan
|
BT
|
MT
|
MB
|
BS
|
Partisipasi
|
BT
|
MT
|
MB
|
BS
|
Keterangan
:
1.
BT : Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum melihatkan tanda-tanda dalam berkelompok)
2.
MT: Mulai
Terlihat (apabila peserta didik mulai melihatkan tanta-tanda kerja sama,
keaktifan dan partisipasinya dalam berkelompok)
3.
MB: mulai
Membaik (apabila peserta didikmulai menunjukkan tanda-tanda yang membaik dalam
kejasama, keaktifan, dan partisipasidalam berkelompok)
4.
BS: Baik Sekali
(apabila peserta didik sudah sangat baik dalam kerjasama, keaktifan, dan
partisipasi dalam kelompok)
CATATAN :
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Kamis, 7 Mei 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
Ahmad
Thabroni Kholifatus Zuhriyah
NIP :512718539163 NIP
:537238136863
Lembar Kerja Siswa
1.
Isilah kolom-kolom sesuai dengan urutan
silsilah Utsman bin Affan dengan benar
2.
Berilah tanda (x) pada jawaban pilihan ganda
yang tepat
1.
Dimana Utsman bin Affan dilahirkan ?
a.
Syiria
b.
Turki
c.
Thaif
d.
Madinah
2.
Pada usia berapakah Utsman dibaiat oleh kaum
muslimin ?
a.
70
b.
12
c.
37
d.
10
3.
Utsman menjabat khalifah selama berapa lama
(tahun) ?
a.
15
b.
10
c.
12
d.
6
4.
Salah satu khulafaur rasyidin yang pernah
diambil menantu dua kali oleh Rasulullah SAW adalah
a.
Abu Bakar as-Sidhiq
b.
Ali bin Abi Thalib
c.
Umar bin Khattab
d.
Utsman bin Affan
5.
Bangunan bersejarah yang direnovasi oleh
khalifah Utsman adalah...
a.
Masjid Nabawi
b.
Ka’bah
c.
Masjid Quba
d.
Masjidil Aqsa
6.
Utsman dikalangan sahabat dan masyarakat di
sekitarnya dikenal sebagai orang yang...
a.
Dermawan
b.
Angkuh
c.
Riya
d.
Murah senyum
7.
Julukan untuk Khalifah Utsman bin Affan..
a.
Dzulqarnain
b.
Nur Jannah
c.
Amanah
d.
Zun Nur’ain
8.
Alasan Utsman bin Affan untuk membukukan
Al-quran adalah..
a.
Perbedaan dialek dalam melafalkan al-quran
b.
Perbedaan suku dan ras kaum arab
c.
Ingin menguasai al-quran lebih dalam
d.
Memudahkan suku arab untuk membaca al-quran
9.
Sikap yang menjadi ciri khas Utsman bin Affan
diantara sahabat Rasulullah yang lain adalah...
a.
Dermawan dan pemalu
b.
Pemalu dan Tegas
c.
Kaya raya dan pelit
d.
Sopan dan sederhana
10. Peristiwa
pembunuhan Utsman terjadi pada tanggal...
a.
12 Dzulhijah 35 H
b.
25 Sya’ban 36 H
c.
17 Ramadhan 89 H
d.
12 Dzulqo’dah 35 H
3.
Jawablah soal uraian berikut dengan benar
1.
Sumbangan berharga apakah yang diberikan
Khalifah Usman bin Affan dalam perang Tabuk ?
2.
Sebelum masuk Islam, Usman adalah seorang ?
3.
Seban langkah-langkah kebijaksanaan yang
diambil Khalifah Usman bin Affan untuk kemajuan kaum muslimin pada masa
pemerintahan !
4.
Apakah faktor yang menyebabkan terbunuhnya
Khalifah Usman bin Affan?
5.
Bagaimana proses kodifikasi Al-quran pada masa
Khalifah Utsman bin Affan ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar